Sabtu, 08 September 2018

Kwarcab Pati Siapkan Bibit Kelapa Unggul Dalam Acara Estafet Tunas Kelapa 2018

Jateng7. Pati - Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka Pati menyiapkan tunas kelapa yang menjadi lambang gerakan pramuka Indonesia dalam acara Estafet Tunas Kelapa yang akan dilaksanakan tanggal 26 dan 27 Agustus 2018.

Pengadaan bibit kelapa berkualitas kali ini Kwarcab Pati Bekerja sama dengan Komunitas "Semut Ijo" yaitu komunitas anak - anak muda yang bergerak dalam penyediaan bibit tanaman buah dan hortikultura.

Estafet tunas kelapa merupakan tradisi dalam Gerakan Pramuka Kwartir Daerah (Kwarda) Jawa Tengah dalam menyambut Hari Pramuka.

Kegiatan ini berupa jalan kaki sepasukan Pramuka dengan membawa berbagai atribut seperti bendera Merah Putih, bendera Pramuka, obor, tunas kelapa, dan beberapa atribut lainnya, dan dilakukan secara estafet (beranting).

Menurut Kak Diah Kusumawati Pamungkas salah seorang andalan Kwarcab Pati menuturkan acara estafet tunas kelapa merupakan agenda dua tahunan kwarcab pati. ETK pada tahun 2018 ini menjadi sangan unik dan menarik karena dilaksanakan di tiga lokasi sekaligus yaitu di Kecamatan Pucak Wangi yang akan dilaksanakanya dengan kabupaten Blora, di Kecamatan Batangan dilaksanakan dengan Kabupaten Rembang, dan di Kecamatan Kayen dilaksanakan dengan Kabupaten Kudus.

Dan yang disebut terakhir akan dilaksanakan pada tanggal 27 Agustus 2018.

Masih ujar kak Diah pada acara ETK 2018 ini akan dihadiri oleh Bupati Pati yang akan diwakili oleh Asisten Bupati Ir. Pujo Winarno, MM, Komandan Kodim 0718 Pati, Kapolres Pati dan Pengurus serta Andalan Kwarcab Pati. Sedangkan yang mendapat mandat untuk membawa Tunas Kelapa adalah adik-adik pramuka penegak di lingkup Kwarcab Pati. Untuk penyerahan ke Kabupaten Blora akan dilaksanakan oleh anggota pramuka penegak dari MA Taris, Kabupaten Rembang akan dilaksanakan oleh anggota pramuka penegak SMAN 1 Batangan, sedangkan untuk Kabupaten Kudus oleh anggota pramuka penegak MA Annajah Kayen.

Sedangkan sumber anggaran yang digunakan untuk kegiatan ETK 2018 adalah anggaran yang dimiliki Kwarcab Pati. Sedangkan dukungan yang cukup bagus dari pemerintah daerah dapat dirasakan oleh anggota kwarcab Pati karna dalam kegiatan ini banyak melibatkan Anggota-anggota muda. (Andik)

Comments


EmoticonEmoticon

Related Post